Kamis, 07 Oktober 2010

Makalah Manajemen Resiko

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Masalah
Perkembangan perbatikan di Indonesia saat ini telah mengalami kemajuan yang pesat. Banyak hasil batik Indonesia yang telah mencapai mancanegara. Corak-corak ataupun ciri khas hasil batik Indonesia yang beraneka ragam dikarenakan budaya di negara Indonesia pun beraneka ragam, sehingga budaya ini yang mengisi gambaran hasil tenun para pebatik Indonesia. Para konsumen rata-rata meyenangi hasil batik Indonesia yang coraknya berbeda dengan negara lain. Hal ini menambah nilai tersendiri bagi hasil batik tersebut.
Salah satu dari perusahaan Indonesia yang menekuni bidang batik adalah perusahaan dengan nama Batik BIXA yang terletak di Bantul, Yogyakarta. Perusahaan menghasilkan batik yang telah dimodifikasi. Hasil batik di perusahaan ini dibuat langsung oleh para pekerja mereka dengan alat yang masih tradisional. Dengan hasil batik yang dibuat langsung oleh pekerja telah menambah nilai yang tinggi dibanding dengan hasil tenun yang dibuat oleh mesin-mesin yang modern.
Dalam kegiatan produksi tentunya ada resiko yang muncul. Dalam hal ini merupakan tugas dari manajemen resiko. Seorang manajer resiko harus mengetahui seluruh resiko yang akan dihadapi perusahaan. Sehingga resiko yang dihadapi perusahaan dapat dihindari atau diminimalisir. Dalam perusahaan besar atau kecil, dengan perencanaan yang baik resiko perusahaan dapat dikurangi. Perusahaan batik BIXA melakukan pengolahan bahan baku yang berasal dari tumbuh-tumbuhan menjadi barang jadi yaitu pakaian batik. Yang mana dalam kegiatannya ditemui tingkatan-tingkatan yang kompleks sehingga kemungkinan resiko lebih besar.

B.Rumusan Masalah
Adapun perumusan masalah yang ada adalah sebagai berikut :
1.Resiko apa yang harus ditangani oleh pihak manajemen ?
2.Alternatif-alternatif apa saja yang dapat mengatasi resiko pada Perusahaan Batik BIXA ?

C.Tujuan Penyusunan
Di dalam melakukan penelitian maka ditetapkan tujuan penelitian sehingga penelitian ini lebih jelas dan terarah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
1.Untuk mengetahui resiko yang menyangkut pada produksi di perusahaan batik BIXA.
2.Untuk mengetahui alternatif-alternatif solusi yang dapat mengatasi resiko strategis pada produksi batik di perusahaan batik BIXA.

0 komentar:

Posting Komentar